top of page
  • Ical

Cara Mengatasi MacBook Kepenuhan!

Notifikasi SSD penuh - Mac Startup Disk Full

Masalah yang sering dialami oleh sebagian besar pengguna Mac adalah SSD kepenuhan. Apalagi jika Mac-nya masih menggunakan SSD 128GB. Efeknya apa? Ada aplikasi yang sulit berjalan, tidak bisa install aplikasi baru, tidak bisa update macOS, bahkan yang terparah sampai gagal booting. Lalu bagaimana cara mengatasinya?


Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini:


Hapus File Yang Tidak Diperlukan Lagi

Hapus semua file yang memang sudah tidak dibutuhkan lagi. Biasanya yang banyak ada di folder Download. Setelah menghapus file-file tersebut, pastikan untuk menghapusnya juga dari Trash. Karena kalau belum dihapus dari Trash, file itu masih ada dan tetap membuat SSD penuh.


Pindahkan File ke Media Penyimpanan Eksternal (HDD / SSD Eksternal, Flashdisk)

Pindahkan file penting, terutama yang berukuran besar, dari SSD internal Mac kamu ke media penyimpanan eksternal. File yang biasanya berukuran besar antara lain file musik, video, photo, installer aplikasi. Jika saat mau memindahkan file ke HDD eksternal tidak bisa, muncul error, tidak bisa tercopy, bisa menghubungi SolusiJeli di 0816840150. Nanti kita bantu agar Mac kamu bisa backup ke HDD eksternal.


Jangan Pindahkan File ke iCloud

Kalau kamu mensetting iCloud untuk Auto Sync ke Mac, pemindahan file ke iCloud Drive tidak akan membuat SSD Mac kamu menjadi kosong. Kenapa? Karena setelah kamu pindahkan ke iCloud, filenya akan kembali ter-synchronize (terdownload) ke Mac kamu. Yang terjadi hanya berubah letak foldernya saja. SSD tetap penuh. Kadang ada beberapa orang yang malah menghapus lagi file tersebut karena dikira double / berbeda. Hal ini menyebabkan kamu kehilangan semua file tersebut. Di SSD Mac hilang, di iCloud-nya pun hilang. Jangan sampai hal ini terjadi.


Matikan iCloud Drive Sync, Lalu Hapus File Yang Tersisa di Mac

Jika tetap ingin memindahkan file ke iCloud, pastikan kamu memahami cara kerja iCloud terlebih dahulu. Pastikan untuk menaruh file di folder yang tidak sync ke Mac atau matikan sementara fungsi iCloud Sync dari Mac kamu.


Cara matikannya mudah. Klik System Preferences (System Settings) > AppleID > iCloud. Matikan opsi Sync this Mac.

Turn Off iCloud Sync

Source: Apple.com


PASTIKAN FUNGSI SYNC SUDAH BENAR-BENAR OFF SEBELUM MENGHAPUS FILE. Caranya memastikannya:

  • Sambungkan Mac kamu ke internet.

  • Buka iCloud via browser (Safari / Chrome / lainnya) dengan mengetik alamat www.icloud.com

  • Login ke akun iCloud yang sama.

  • Buka finder lalu masukan file kecil ke folder iCloud di Mac kamu.

  • Tunggu beberapa saat.

  • Cek folder iCloud di browser. Muncul atau tidak file yang baru kamu tambahkan tersebut. Kalau tidak muncul, berarti sudah OFF. AMAN.

  • Untuk lebih memastikan, hapus file yang tidak penting dari folder iCloud di browser.

  • Tunggu beberapa saat.

  • Buka finder dan cek ke folder iCloud di Mac. Jika file tersebut tetap ada di Mac kamu, berarti sudah OFF. AMAN.


Setelah yakin bahwa iCloud Sync sudah OFF, kamu boleh menghapus semua file di folder iCloud di Mac kamu. Jangan lupa untuk menghapus dari Trash agar SSD menjadi lebih kosong.


Hapus Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan atau Yang Sedang Tidak Digunakan.

Misalnya aplikasi edit video yang ukurannya lumayan besar. Jika saat ini kamu sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa uninstall aplikasi tersebut untuk sementara waktu. Jika nanti dibutuhkan lagi, barulah kamu install lagi. Jika aplikasi tersebut ada lisensinya, pastikan kamu menyimpan data lisensinya dengan baik ya. Oh iya, jangan menghapus aplikasi bawaan macOS. Karena hal ini dapat menyebabkan Mac kamu malah error.


Gunakan Aplikasi Khusus Untuk Menghapus (Uninstall) Aplikasi, Jika Tidak Ada Menu Uninstaller.

Untuk aplikasi besar, misalnya produk dari Adobe, ada menu khusus untuk menguninstall aplikasi. Selalu gunakan menu ini jika memang ada. Hasil penghapusannya lebih bersih dan lebih aman. Namun, jika tidak ada, atau karena memang aplikasi kecil, gunakan aplikasi khusus untuk uninstall. JANGAN langsung hapus manual dari folder Applications. Kenapa? Karena kalau dihapus manual, akan menyisakan file-file di dalam sistem. Lama kelamaan file-file sisa ini bisa membuat SSD kita penuh. Aplikasi yang SolusiJeli rekomendasikan adalah AppCleaner. Dia aplikasi Freeware. Tidak ada iklan. Tidak banyak fungsi-fungsi lain yang malah memberatkan atau malah merugikan. Aplikasinya bisa kamu download gratis di sini. Penggunaannya juga mudah. Cukup drag and drop aplikasi yang ingin kamu hapus ke kotak window aplikasinya, lalu klik Remove.

AppCleaner GUI

Hapus Backup iPhone / iPad / iPod Touch Lama

Untuk kamu yang pakai iPhone / iPad / iPod, pastikan tidak ada backup lama yang menumpuk atau yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Untuk macOS tipe baru, cukup sambungkan iPhone / iPad kamu. Pilih device kamu di Sidebar. Nanti di bagian General, klik Manage Backups. Pilih dan hapus backup yang sudah tidak diperlukan.

Menghapus Backup iPhone iPad

Source: Apple.com


Jika macOS yang kamu gunakan masih versi lama (Mojave atau sebelumnya), kamu bisa memanage Device Backups di dalam aplikasi iTunes.


Jika MacBook Sudah Gagal Booting / Tidak Bisa Menyala Karena Kepenuhan

Kalau SSD penuh sampai sisa 0 atau hanya beberapa KB saja, MacBook tidak bisa booting. Selalu stuck, hang atau bootloop. Kalau kondisinya sudah seperti ini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan masuk ke Target Disk Mode. Siapkan 1 buah MacBook lain dengan generasi yang lebih baru atau yang tidak terlalu berbeda jauh. Siapkan kabel yang cocok untuk digunakan di Target Disk Mode. Bisa USB Tipe C untuk MacBook tipe baru. Atau kabel Thunderbolt untuk MacBook versi lama. Hubungkan kedua MacBook dengan kabel tersebut. Karena cara ini lumayan rentan, ada tahapan khusus, butuh kabel khusus dan butuh MacBook lain, sebaiknya menggunakan jasa profesional untuk melakukannya. Misalnya minta bantu ke SolusiJeli. Lebih mudah karena tidak perlu belajar, tidak perlu cari-cari MacBook lain dan tidak perlu cari kabel yang cocok. Selain itu, kalau dilakukan dengan benar dan oleh teknisi yang handal, MacBook kamu bisa booting normal kembali tanpa harus install ulang dan seluruh data tetap aman.


Target Disk Mode

Itulah beberapa tips dari SolusiJeli untuk mengatasi Mac yang kepenuhan. Semoga bermanfaat. Jika sudah coba cara di atas tapi masih penuh, Mac kamu error karena kepenuhan saat proses update macOS, butuh bantuan, silahkan menghubungi kami di 0816840150. Kami siap membantu!


48 views

Comments


bottom of page