Cara Menambahkan Lirik Lagu Secara Otomatis


Buat kamu para AUDIOPHILE yang masih suka koleksi file lagu secara klasik dan suka dengan kerapihan (agak 'OCD'), Admin ada rekomendasi aplikasi bagus buat kamu. Aplikasi apa? Lyrics Finder!

Ini khusus untuk kamu yang hobi koleksi file-file lagu offline ya. High Bitrate, lossless. FLAC, MP3, M4A, dll. Hasil nge-ripped dari CD original atau beli iTunes Plus. Jaman sebelum layanan semacam Apple Music dan Spotify ada.


Apa hebatnya aplikasi ini? Dia bisa otomatis mencari lirik lagu dan menyimpannya di dalam file lagu-lagu kamu. Istilahnya masuk "tag". Jadi, walaupun kamu sedang offline, file lagunya dipindah-pindahkan, dicopykan ke orang lain, diputar di aplikasi mana saja (selama bisa menampilkan lirik di tag), lirik lagu akan tetap muncul. Tidak ada file terpisah sebagai tempat menaruh lirik. Semua lirik langsung diimport ke dalam file lagunya!

Masih bingung? Ini mirip dengan file film + subtitle. Kalau pakai aplikasi ini, file film dan subtitle sudah menyatu. Tidak terpisah misalnya ada file FILM.mkv + SUBTITLE.srt. Cukup 1 file FILM.mkv tapi di dalamnya sudah ada subtitle.


Sebenarnya ini sama fungsinya dengan aplikasi Get Lyrical jaman dulu. Cuma aplikasi itu sekarang sudah tidak bisa jalan di versi macOS baru (Big Sur / newer). Selain itu, aplikasi ini juga sudah lebih canggih. Jauh lebih cepat prosesnya karena dia multitasking. Otomatis mencari dan memasukan ribuan lirik lagu hanya dalam hitungan detik! Mantap kan! Kamu bisa download aplikasi tersebut secara gratis di sini.


Follow akun Instagram @solusijeli untuk tips-tips seputar macOS lainnya!


Catatan:

  • Pastikan file lagu kamu kondisinya rapi ya. Tag (metadata) nama Artis, Judul Lagu dan Albumnya benar. Kalau file original dari iTunes biasanya memang sudah rapi.

  • Biasanya lirik lagu barat jauh lebih cepat ketemu dibanding lagu berbahasa Indonesia.