top of page
  • Ical

Cara Install Windows di Apple MacBook, M1 / M / ARM Processor via Boot Camp dan Virtual Machine


Banyak pengguna Apple MacBook yang ingin menginstall Operating System (OS) Windows. Banyak aplikasi yang hanya bisa diinstal dan berjalan di Windows. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat dibutuhkan dalam menunjang pekerjaan mereka. Makanya para pengguna macOS ingin juga install Windows OS.


CATATAN: Untuk yang butuh bantuan install Windows di MacBooknya, bisa menggunakan jasa dari SolusiJeli Komputer. Silahkan menghubungi nomor kontak 0816840150.


Di dalam macOS, ada aplikasi yang namanya Boot Camp. Aplikasi ini difungsikan untuk membantu para pengguna macOS (MacBook, Mac mini, iMac, dll) untuk menginstall Windows. Aplikasi ini gratis. Fitur / fasilitas dari Apple. Sudah terinstall langsung di Mac. Namun sayangnya, untuk Mac dengan processor (chip) Apple ARM (M1, M2, M1 Max, M1 Ultra, dll), sampai saat ini, fasilitas Boot Camp belum ada. Boot Camp hanya ada di Mac dengan processor Intel saja. Sebenarnya hal ini bukan kesalahan dari Apple yang tidak lagi memberikan fasilitas itu, tapi permasalahannya lebih kepada Microsoft (perusahaan pengembang Windows OS).


Windows yang umum ada di pasaran, dibuat untuk processor umum, Intel, AMD. Jenis Windows ini tidak dapat berjalan di komputer dengan processor ARM, seperti M Processor dari Apple. Sebenarnya sejak dulu ada Windows versi ARM. Tapi lisensinya tidak dijual umum. Khusus untuk OEM dan untuk perusahaan-perusahaan saja. Sekarang, Windows 11 versi ARM sudah mulai dijual lisensinya ke umum. Bisa beli secara online ke Microsoft Store dengan harga sekitar 199 USD. Namun ada masalah lainnya. Namun demikian, program Windows yang dibuat bukan untuk ARM Windows, tidak akan dapat berjalan.


Dari Apple mungkin pola pikirnya seperti ini. Jika memang tidak ada Windows yang bisa diinstall secara resmi, untuk apa Apple kasih fasilitas Boot Camp. Jika aplikasi Windows yang ingin diinstall belum ada versi untuk Windows ARM-nya, percuma juga. Pada akhirnya tidak akan bisa berjalan juga aplikasinya. Jika kedepannya Windows 11 ARM semakin umum dan sudah lebih stabil, sudah banyak aplikasi dibuat untuk Windows ARM, MUNGKIN SAJA Apple akan memberikan fasilitas Boot Camp lagi. Kita tunggu saja kedepannya seperti apa.


Pilihan lain untuk menginstall Windows di Mac adalah via Virtual Machines. Ada 2 perusahaan yang paling besar untuk ini. VMWare Fusion dan Parallels. Keduanya sudah mendukung untuk install Windows 11 ARM di Mac. Tapi, sebelum kamu mulai install Windows 11 ARM Virtual, sebaiknya baca terlebih dahulu perbedaan Windows biasa vs Windows ARM disini.


Pilihan lain, ada semacam emulator untuk menjalankan beberapa aplikasi Windows. Salah satunya CrossOver. Bisa dicoba terlebih dahulu, mungkin aplikasi yang kamu butuhkan sudah bisa berjalan via emulator CrossOver tersebut. Kalau memang bisa berjalan dengan lancar, berarti tidak perlu instal Windows.


Demikian informasi dari kita. Semoga bermanfaat.

28 views

Comments


bottom of page