top of page
  • Ical

TV TCL Q6 Series - Review dan Pengujian Fitur

TCL 50Q6 TV QLED Google TV

Kali ini saya akan coba review TV. Kebanyakan review TV di Youtube terasa kurang mendalam. Hanya bilang gambar bagus, enak dilihat, tampilan keren, harga murah, dan hal-hal umum lainnya yang lebih bersifat "selera masing-masing orang".


Untuk yang kepikiran membeli TV TCL seri Q6 ini, bisa baca hasil pengujian di bawah ini ya. Cocok atau tidak dengan kebutuhan dan fitur yang diinginkan. TV ini masuk kategori Entry Level (edisi murah) di kelas TV QLED 4K HDR+.


Formatnya seperti Q&A. Semoga mudah di baca, dipahami dan mudah juga saya tambahkan informasinya.


Q: Bisa sambungkan media penyimpanan (harddisk, flashdisk) langsung via USB?

A: Bisa. Pastikan media tersebut pakai format NTFS. Karena kalau exFAT tidak bisa terdeteksi. Jangan taruh file terlalu banyak dalam 1 folder. Saat pengujian, tidak bisa buka folder yang isinya ada 1075 files.


Q: Bisa putar langsung film 4K HDR+ dengan audio Dolby Atmos dari media penyimpanan USB?

A: Bisa. Semakin cepat media penyimpanan, semakin cepat kalau mau fast forward / rewind saat nonton.


Q: Bisa putar video 4K HDR+ Dolby Atmos via Plex Server di jaringan lokal tanpa premium subscription?

A: Bisa. Asalkan sudah disetting dengan benar Plex Servernya. Kalau hanya putar video, lancar. Yang lambat kalau mau fast forward / rewind (maju mundurkan video). Via WiFi jauh lebih lambat dibanding via kabel LAN langsung. (2.4GHz vs Gigabit Ethernet, router standar, posisi dekat router). Yang paling lancar itu Plex Server -- kabel LAN -- Router / Switch -- kabel LAN -- TV.


Q: Bukannya port LAN di TV kebanyakan 10/100 Mbps? WiFi lama saja bisa 300 Mbps. Yang baru sampai 1500 Mbps. Harusnya lebih cepat WiFi kan?

A: Betul. Di TV ini juga maksimal hanya 100 Mbps untuk LAN. Betul, WiFi di spec sheetnya tertulis KECEPATAN MAKSIMUM ada yang 300 Mbps, 600 Mbps, 1200Mbps, 1800Mbps dan lain-lain. CUMA, untuk WiFi, banyak sekali faktornya dan yang tertulis itu adalah total kecepatan gabungan dari yang 2.4Ghz dan 5GHz. Kecepatan sangat dipengaruhi oleh jarak ke router, jumlah device yang terkoneksi, jumlah sinyal lain yang berdekatan channelnya, alat lain yang menggunakan Band sama, kemampuan si router dan lain-lain. Untuk di tempat saya, LAN lebih cepat dibandingkan dengan MODEM bawaan ISP (XL-Home). Sudah di tes koneksinya pake iPerf3. Koneksi dari Plex Server ke TV langsung ya, bukan ke internet. Direct Play. Tidak bisa remote. Versi Gratis Plex-nya. Jarak ke Modem XL kurang dari 1 meter. Via WiFi dapatnya 26Mbps. Via LAN dapat 94Mbps.



Q: Jadi lebih baik pakai LAN?

A: Tergantung kondisi masing-masing. Lebih baik cek real kecepatan koneksi di tempat masing-masing. Cari mana yang lebih cepat dan stabil.


Q: Bisa pakai converter USB 3.0 ke Gigabit Ethernet?

A: Bisa. Kalau kita pakai yang menggunakan Chipset Realtek RTL8153. TP-Link UE300. Saat pengujian di tempat saya, bisa dapat 337 Mbps.



Butuh bantuan untuk setup Plex server di rumah kamu? Butuh cek dan optimalisasi jaringan di rumah? Bisa hubungi kita via WA di 0816840150.


Q: Berapa maksimum bitrate video yang bisa diputar?

A: Kurang tahu maksimumnya berapa. Saat pengujian, kalau via USB HDD langsung, bitrate 400Mbps masih lancar untuk playback. Via Plex:

  • Direct Play, via WiFi: Playback di 20 Mbps OK. Tapi untuk fast forward & rewind, lumayan buffering.

  • Direct Play, via LAN: Playback di 50 Mbps OK. Fast forward & rewind masih lumayan OK. Buffering standar.

  • Direct Play, via USB to Gigabit LAN: Playback di 120 Mbps masih OK asalkan H.264. Kalau fast forward & review, banyak buffering. Kalau HEVC, playback 120 Mbps masih suka buffering. Mungkin Plex atau TV-nya kurang cocok dengan HEVC.


Q: Bisa play video dari Shared Folder di komputer / dari NAS?

A: Bisa. via SMB. Pastikan setting SMB, file sharing, private network dan lain-lain sudah benar di komputernya.


Q: Format video apa saja yang didukung?

A: Banyak. Belum ada file video saya yang tidak bisa dibuka.


Q: Format audio apa saja yang didukung?

A: Banyak. Sejauh ini, hanya audio dengan format TrueHD Atmos yang tidak bisa Direct Play. Kalau via Plex, bisa di playback karena otomatis transcode ke Opus.


Q: Bisa pakai mouse dan keyboard komputer?

A: Bisa. Sambungkan via kabel USB, Wireless USB dongle, atau Bluetooth.


Q: Bisa pakai sambungan kabel USB? Agar tidak repot colok ke belakang.

A: Bisa, asalkan sambungannya bagus dan USB 3.0 (biru) juga.


Q: Bisa pakai Headphone komputer?

A: Bisa. Baik via jack audio 3.5mm, bluetooth maupun SPDIF. Tidak bisa headphone USB.


Q: Bisa jadi monitor komputer?

A: Bisa. Via kabel HDMI ataupun wireless via Cast di Windows. Test pakai onboard graphic Intel UHD 630 via kabel bisa 4K 30Hz. Tapi tidak terdeksi HDR di display setting. Oversaturated. Mungkin butuh diotak-atik lagi. Sedikit delay kalau extend display, apalagi koneksi wireless.


Q: Bisa install dan main game Android langsung di TV?

A: Bisa. Harus ada controller untuk mainnya.


Q: Bisa sambungkan Game Controller Bluetooth?

A: Bisa. Test pakai XBox Bluetooth Controller.


Q: Bisa sambungkan (display mirroring) dari HP Android?

A: Bisa. via Cast atau MagiConnect.


Q: Bisa pakai Hey Google?

A: Bisa.


Q: Bisa dapat siaran TV digital tanpa antena outdoor?

A: Di tempat saya, Bogor dan agak lembah, sejak jaman dulu harus pakai antena outdoor. Saat tes, dapat 40+ siaran TV digital. Tidak beli antena indoor karena agak pesimis.


Q: Bisa pakai WiFi USB Dongle yang biasa untuk komputer?

A: Tidak bisa. Tidak bisa install drivernya. Solusi kalau tidak dapat koneksi internet di TV-nya adalah tarik kabel LAN, pindahkan posisi router, tambahkan router / extender, ganti router yang sinyal lebih kuat atau pindahkan TVnya.


Kalau butuh bantuan seputar penyebaran koneksi internet di rumah, bisa hubungi kita ya. 0816840150. Kita siap membantu.


Q: Berapa Watt pemakaian daya listriknya?

A: Kondisi mati, 0.5W. Saat menyala, berkisar antara 27W - 150W. Yang paling berpengaruh di Brightness. Makin terang, makin besar penggunaan listrik. Yang lainnya tidak terlalu berpengaruh. Kalau mau hemat listrik, gelapkan ruangan dan turunkan brightness-nya.


Semoga bisa memperjelas informasi seputar fitur dan kemampuan tentang TV ini ya. Kalau ada yang mau ditanyakan, bisa hubungi kita via WA ya di nomor yang tertulis di atas.

56 views

Comments


bottom of page