top of page
  • Ical

Tips untuk Pengguna Baru Mac


Bagi Anda para pengguna baru Mac, simak beberapa tips dan triks berikut untuk memudahkan Anda memahami Mac. Tips ini berlaku untuk seluruh pengguna Mac, baik MacBook Pro, Air, iMac, Mac mini, maupun Mac Pro. Jika masih bingung dengan Mac baru Anda, ingin lebih cepat paham, bisa menggunakan jasa Les Privat MacBook dari SolusiJeli Komputer. Informasi lebih lanjut bisa dibaca di halaman ini. Atau bisa juga menghubungi kami langsung dengan klik di sini. Berikut adalah tips dan tricks-nya:

1. Tenangkan diri Anda. Santai, tidak perlu takut. Windows dan Mac pada dasarnya sama saja, hanya ada perbedaan beberapa istilah. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan Windows, Anda hanya perlu (cukup) waktu untuk menyesuaikan diri menggunakan Mac.

2. Lupakan mitos bahwa Mac tidak bisa klik kanan. Walaupun mouse Apple (Magic Mouse) terlihat tidak ada tombol kanan & tombol di bawah trackpad hanya satu atau bahkan tidak ada, Mac sebenarnya tetap bisa klik kanan. Caranya mudah, sentuh trackpad dengan 2 jari secara bersama. Anda juga dapat melakukannya dengan menekan touchpad di bagian kanan bawah. Jika belum bisa, atur settingnya di:

Tombol Apple > System Preferences (System Settings di Ventura) > Trackpad.

Jika menggunakan mouse Apple, aktifkan fitur klik kanan mouse di:

Tombol Apple > System Preferences (System Settings di Ventura) > Mouse.

3. Jangan memaksakan diri Anda untuk menggunakan aplikasi office bawaan dari Mac (Pages, Numbers, Keynote).

Tersedia Microsoft Office yang dapat diinstall dan berjalan di Mac. Namanya Ms. Office for Mac. Cara penggunaan dan tampilannya 95% sama dengan Ms. Office di Windows. Jadi Anda tidak perlu belajar dari awal lagi. Jika belum ada, bisa berlangganan Office 365 via di AppStore atau menghubungi SolusiJeli Komputer (0816840150) untuk solusi dan biaya yang lebih murah.

4. Sebagian besar shortcut di Windows juga berlaku di Mac. Anda hanya perlu mengganti tombol Ctrl dengan Command. Misalnya untuk men-copy sesuatu, Anda menggunakan Ctrl + C di Windows. Di Mac, shortcut ini berubah menjadi Command + C. Perubahan ini berlaku untuk copy, paste, bold, italic, find, dan lain-lain.

5. Saat Mac Anda mengalami masalah dan berhenti (hang/freeze) Anda bisa menggunakan teknik yang sama dengan Windows. Tekan tombol power di Mac selama 6-10 detik sampai Mac Anda mati. Setelah itu nyalakan kembali.

Semoga tips dan tricks ini bermanfaat ya. Masih ada yang mau ditanyakan? WhatsApp saja ke kita dengan menekan nomor ini. 0816840150

78 views

Kommentare


bottom of page