5 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Install Windows di Mac

March 6, 2017

 

Secara garis besar, ada 2 Operating System (OS) untuk Personal Computer (PC) yang paling banyak digunakan di dunia. Windows dari Microsoft dan Mac OS X dari Apple. Perdebatan mengenai OS mana yang lebih baik sudah berlangsung sejak jaman dulu kala dan sepertinya akan terus berlanjut sampai kiamat tiba. :)

 

Menurut saya pribadi, Mac OS X lebih baik dibandingkan dengan Windows. Kenapa? Karena bla bla bla... (skip ya). 

 

Sebenarnya, setiap OS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Belum ada OS yang benar-benar sempurna dan lebih baik dalam segala aspek dibandingkan OS lainnya. Bingung pilih yang mana? Kenapa tidak install keduanya?

 

Jika saat ini Anda sudah menggunakan komputer dari Apple (Macbook, Mac Mini, iMac ataupun Mac Pro), saya menyarankan untuk segera menginstall Windows. Banyak diantara kita yang bertanya: "Kenapa kita harus install Windows OS di Macbook? Bukankah Mac OS X lebih bagus dan lebih aman daripada Windows OS?". Setidaknya ada 5 alasan, yaitu: 

 

  1. Ada aplikasi yang hanya kompatibel dengan Windows saja, seperti CorelDraw, Internet Download Manager, atau aplikasi-aplikasi khusus dari perusahaan tempat Anda bekerja. 

  2. Ada aplikasi yang berjalan lebih baik jika di Windows, seperti Ms. Office (terutama fungsi Macro di Ms. Excel)

  3. Ada fungsi-fungsi yang mungkin Anda belum tahu cara melakukannya di Mac. Misalnya screen capture, mengubah atribut file, dll. Saat Anda bingung, Anda bisa melakukannya di Windows.

  4. Agar dapat mengetes kompatibilitas file yang Anda buat. Hal ini untuk memastikan file yang Anda buat dapat dibuka dengan baik di semua OS yang ada.

  5. Bermain game. Sebenarnya ini yang menjadi alasan sebagian besar orang menginstall Windows di Mac. Saya pribadi kurang cocok dengan alasan ini. Karena Mac tidak (terlalu) didesain untuk bermain game. Sebagian besar komputer Apple, menggunakan VGA on-board yang kurang baik digunakan untuk game 3D. Tapi jika Mac Anda memang mampu menjalankan game tersebut dengan baik, mengapa tidak?

 

Itulah beberapa alasan mengapa kita sebaiknya menginstall Windows di Mac. Anda punya alasan lain? Silahkan share di kolom komentar.

 

Untuk yang butuh bantuan dalam menginstall Windows di Mac-nya, kami dapat membantu. Installasi ini bisa dilakukan via Boot Camp ataupun menggunakan Virtual Machine. Silahkan konsultasikan bersama kami. 

 

 

Please reload

© 2020 by SolusiJeli | 0816 840 150