7 Kebiasaan Salah Pengguna Gadget

October 5, 2017

Di jaman modern ini, kehidupan kita tidak lepas dari berbagai gadget. Mulai dari laptop, komputer, smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Walaupun sudah lama menggunakan gadget, masih ada diantara kita yang memiliki kebiasaan yang kurang tepat (salah). Kebiasaan ini pada akhirnya akan merugikan diri kita, baik secara materi (gadget cepat rusak) maupun secara kesehatan (merusak mata, struktur tubuh, pusing).

 

Berikut 7 kebiasaan yang salah yang paling umum dalam menggunakan gadget:

 

Menaruh notebook diatas kasur/bantal.

Kenapa salah? karena menaruh notebook diatas kasur (atau alas empuk lainnya) akan menghambat proses pendinginan notebook. Lubang ventilasi bawah, tempat udara dingin masuk, tertutup oleh kasur. Hal ini akan membuat notebook lebih cepat panas dan merusak komponen di dalamnya. Jika ingin menggunakan di atas kasur, cari alas tambahan yang keras dan rata. Misalnya meja bantal (cek di toko-toko), atau buku yang menggunakan hardcover. Jangan gunakan bantal atau guling. 

https://id.aliexpress.com

 

Membuka file dan mengeditnya langsung dari flashdisk.

Kenapa salah? karena kebiasaan ini dapat membuat flashdisk cepat rusak. Proses read & write terjadi berulang dan berlangsung selama kita melakukan editing. Prosesnya pun lebih berat dan terasa lambat. Selain itu, karena kita tidak dapat melepaskannya selama melakukan editing, sering kali flashdisk tersangkut sesuatu. Akibatnya bengkok atau bahkan patah. Saat rusak, kita tidak punya backup file yang sudah ter-update. Saat ingin melakukan editing (terutama jika akan memakan waktu lama), sebaiknya copy file ke harddisk komputer, edit, lalu copy-kan lagi ke flashdisk. Jauh lebih aman.

https://linuxexpresso.files.wordpress.com/

 

Menaruh barang di atas keyboard notebook.

Kenapa salah? karena bisa menyebabkan layar notebook rusak. Sebenarnya tidak masalah menaruh sesuatu disana. Tapi jika lupa memindahkan saat akan menutup notebook, petaka yang datang. Sudah banyak korban dari kebiasaan ini. Mulai dari layar ada "dent"nya, hitam, bahkan pecah total. Sebaiknya kebiasaan ini segera dirubah. Jangan menunggu layar notebook pecah. Mengubah kebiasaan untuk menaruh flashdisk, pulpen, kunci, ear phone dll di samping notebook seharusnya tidak terlalu sulit. Karena hanya bergeser 10-15 cm saja dari kebiasaan lama. 

https://myplasticfreelife.com/

 

Tidak memperhatikan tingkat kecerahan layar (brightness)

Kenapa salah? karena hal ini membuat mata cepat lelah, terasa sakit dan dalam waktu lama akan membuat penglihatan kita bermasalah (tingkat kerabunan bertambah). Kadang setting otomatis di gadget kita tidak berfungsi dengan baik. Selalu cek dan atur kembali tingkat kecerahan layar. Patokannya mudah. Posisikan telapak tangan kita 10 cm didepan layar. Jika masih melihat ada cahaya yang sampai ke telapak tangan, berarti layar terlalu terang. Segera redupkan.

https://gadgethacks.com

 

Menarik colokan (charger, kabel data, dll) di bagian kabelnya.

Kenapa salah? karena kebiasaan ini dapat membuat serat di dalam kabel putus atau membuat lapisan kabel terkelupas. Tangan kita sering kali berminyak, membuat karet penutup kabel menjadi lunak. Selalu pegang colokan dibagian ujungnya (kepala) yang keras.

 

Selalu sleep notebook, bukan shut down.

Saat kita tidak berpindah ruangan, hal ini memang tidak terlalu masalah. Tapi jika kita berpindah dari ruangan dengan perbedaan suhu yang cukup ekstrem, hal ini dapat menyebabkan masalah. Terutama dari ruangan dingin ke ruangan hangat. Sering kali terjadi kondensasi. Timbul embun (lapisan air) yang sangat berbahaya jika terkena komponen yang memiliki arus listrik. Pastikan untuk men-shutdown total notebook saat ingin berpindah tempat.

https://www.thegreenage.co.uk/

 

Menaruh cairan (air minum, kopi, teh, susu) di samping gadget.

Kenapa salah? sepertinya tidak perlu dijelaskan. Intinya, kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, siap-siap keluarkan budget untuk beli gadget baru.

http://hosam39.do.am/

 

Segera ubah kebiasaan salah ini agar terhindar dari berbagai kerugian yang mungkin ditimbulkannya. Jangan tunggu sampai masalah benar-benar terjadi. Semoga bermanfaat.

 

Please reload

© 2020 by SolusiJeli | 0816 840 150