Praktek Nakal Tukang Servis Gadget. Baca, biar gak jadi korban!

March 9, 2017

Namanya barang buatan manusia, pasti ada saat dimana gadget kita error, tiba-tiba lambat, layar tidak menyala, terkena virus, mati total atau masalah lainnya.

 

Saat kita tidak mampu memperbaikinya sendiri, maka kita biasanya mencari bantuan ke jasa servis gadget. Namun banyak dari kita, belum menyadari praktek-praktek nakal yang dilakukan oleh sebagian penyedia jasa servis gadget. 

 

Berikut adalah beberapa praktek nakal yang dilakukan oleh oknum jasa servis gadget:

 

Komponen rusak, harus diganti.

Padahal sebenarnya tidak ada yang perlu diganti. Ini praktek nakal paling bayak dilakukan. Biasa mencari korban dengan memberikan biaya servis yang murah. Misalnya jasa servis iPhone 100rb untuk semua jenis kerusakan. Bebas biaya pengecekan, bongkar dan pasang. Setelah diperiksa, katanya ada komponen yang rusak, harganya 800rb. Padahal sebenarnya tidak perlu diganti, karena memang tidak rusak. Tidak perlu beli komponen, tidak perlu membongkar, tidak perlu memasang, tapi pemasukan 900rb! Modalnya hanya kemampuan mengarang cerita dan membuat iming-iming murah. Pernah kena kasus seperti ini? Atau belum sadar bahwa pernah menjadi korban?

 

Pengerjaannya lama, harus ditinggal.

Padahal sebenarnya tidak perlu waktu lama. Ini praktek nakal kedua terbanyak. Mereka sengaja meminta gadget Anda ditinggal agar dapat menjalankan aksinya. Saat gadget kita menginap di tempat servis, mereka bisa melakukan banyak hal merugikan. Misalnya mengganti komponen kita dengan komponen yang lebih jelek. Baterai diganti dengan yang sudah lebih bocor. Mesin diganti dengan yang sudah agak bermasalah, dll. Komponen yang bagusnya bisa mereka jual mahal. Dan Anda akan kembali lagi karena muncul masalah-masalah lain. Pemasukan berlipat. Jual komponen ke orang lain + biaya servis dari kita. Gadget sehat sebentar, lalu malah makin parah dan kerusakan semakin menyebar. Pernah merasa seperti ini?

 

Pake account / email saya aja dulu, gpp kok.

Menggunakan account atau email orang lain di gadget kita, sama saja memasukkan penjahat ke dalam rumah. Di tangan orang yang ngerti gadget, hal ini bisa sangat berbahaya. Mereka bisa memantau apa yang Anda lakukan, meng-copy data Anda, mengetahui posisi Anda dimana, dll. Teknik ini juga bisa dijadikan alat "pemanggil" otomatis agar Anda datang dan melakukan servis berikutnya. Dia hanya perlu ganti password, remove device Anda. Hal ini membuat gadget Anda tidak bisa update, terkunci, dll. Mau tidak mau, Anda datang kembali ke tempat servis tersebut. Awalnya terkesan baik, padahal?

 

Kepo'isme

Saat gadget kita sedang di servis, teknisi melihat-lihat dan mengcopy berbagai data pribadi milik kita. Mungkin kita merasa tidak ada data rahasia atau penting di gadget kita. Namun ternyata, banyak data "biasa" yang kita tidak ingin orang lain memilikinya, misalnya foto-foto tanpa hijab saat bermain dengan anak di kamar, foto selfie alay kita, video curhat, file perhitungan biaya pengeluaran bulanan, dll. Pernah dengar kasus Artis yang diperas oleh teknisi yang pernah membenarkan gadget miliknya? Seram..

 

Itu beberapa praktek nakal yang dilakukan oleh jasa servis gadget. Selalu cari jasa servis yang terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, tapi malah jadi lebih mahal. Dan yang pasti, selalu berhati-hati, teliti, dan jangan mudah percaya.

 

Kami punya solusi jeli untuk menghindari hal-hal buruk diatas. Akan kita bahas di tulisan mendatang. Stay tuned ya..

 

Please reload

© 2020 by SolusiJeli | 0816 840 150