Tips Memilih Macbook Yang Tepat Untuk Kita

March 7, 2017

 

"Ciee, lagi kepikiran mau beli Macbook ya?"

 

Lagi pilih-pilih dan bingung mau yang mana? Macbook Air atau Pro, SSD-nya berapa, RAM berapa? Processor apa? Baru atau second, dan lain-lain.

 

Jangan bingung! SolusiJeli akan berbagi tips memilih Macbook yang tepat untuk kita.

 

Macbook vs Macbook Air vs Macbook Pro

Melihat perkembangan saat ini, kami tidak menyarankan untuk membeli Macbook Air, kecuali budget Anda benar-benar terbatas. Macbook Air yang saat ini ada di pasaran adalah tipe yang sudah cukup lama keluar. Spesifikasinya pun sudah lama. Kurang up to date. Selain itu, dengan kemunculan Macbook 12", sepertinya Macbook Air akan ditiadakan (discontinued) dalam waktu dekat. Jika tetap mau membeli Macbook Air, lebih baik membeli yang second. Pastikan barangnya dalam kondisi baik.

 

Sekarang pilihannya tinggal dua, Macbook (retina display 12") atau Macbook Pro (retina display). Kalau kebutuhannya hanya untuk mengerjakan tugas di Ms. Office, browsing, sesekali edit foto, edit video pendek dari handphone, sering bepergian, pilih Macbook.  

Kalau sering edit foto, manage data besar, edit video dari kamera DSLR, buat desain untuk printing, dll. Pilih Macbook Pro. Kalau pekerjaan Anda memang di industri kreatif (musik, video, desain), beli yang ukuran 15". Spesifikasinya lebih mumpuni untuk menunjang pekerjaan Anda.

 

Kapasitas SSD

Patokan pertama, jangan membeli Macbook dengan kapasitas 128GB atau kurang dari itu. Saat ini, data dan aplikasi semakin kompleks dan beragam, ukuran file meningkat dengan pesat. 128GB sudah tidak mencukupi, walaupun pekerjaan Anda hanya mengetik file kantor dan browsing. Total attachment email di Mail App saja kadang bisa sampai 50GB. Jadi, hindari Macbook dengan kapasitas 128GB. Kapasitas 256GB cukup untuk sebagian besar pengguna. Jika Anda bekerja di industri kreatif, lebih aman jika menggunakan SSD dengan kapasitas 512GB atau 1TB.

 

Memori (RAM)

Ukuran 8GB cukup untuk sebagian besar pengguna. RAM 16GB biasanya dibutuhkan jika Anda membuat RamDisk untuk mempercepat proses kerja. Jika Anda belum tahu apa itu RamDisk, berarti 8GB cukup untuk Anda. 

RAM 4GB sebaiknya dihindari. Untuk pekerjaan standar, 4GB memang masih cukup. Namun jaga-jaga pekerjaan meningkat, pilih yang 8GB

 

Processor: i5 atau i7

Jika punya budget lebih, upgrade ke i7. Processor adalah komponen yang paling sering terpakai maksimal (load 100%). Walaupun demikian, i5 sudah cukup untuk sebagian besar pengguna.

 

Baru atau Second?

Jawaban yang paling mudah, tentu lebih baik membeli yang baru. Kenapa? Karena garansi dari Apple 1 tahun, bisa didaftarkan AppleCare sehingga ada tambahan garansi 2 tahun, kondisi fisik dan komponen masih bagus, dan lain-lain.

Apakah memilih barang second adalah solusi yang salah? Tidak selalu.

 

Kadang kala, membeli Macbook Second menjadi solusi yang justru lebih baik. Misalnya saat budget terbatas, hanya ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang pendek, hanya mencoba apakah macbook cukup untuk mengerjakan tugas kita, dll.

 

Bagaimana tips memilih Macbook second? Akan kita bahas di kesempatan lainnya.

 

Sampai di sini dulu tips memilih Macbook dari SolusiJeli. Semoga bermanfaat bagi Anda dan mengurangi rasa pusing dan galau dalam memilih Macbook.

 

Jika Anda masih ragu memilih Macbook yang mana, bisa berkonsultasi bersama kami. Gunakan fitur live chat di website kami. Fitur ini hanya muncul saat membuka website dari komputer, laptop atau tab (desktop view). Kami juga menyediakan berbagai layanan yang berguna untuk pengguna Macbook. Bisa cek di sini.

 

Selamat datang di dunia Mac OS X!

Please reload

© 2020 by SolusiJeli | 0816 840 150