Demi Keamanan Anda, Cek Setting WIFI Sekarang!

February 22, 2017

Saat ini, hampir setiap rumah sudah memiliki koneksi Wifi masing-masing. Koneksi via WIFI menjadi pilihan karena mudah dan dapat diakses dari area yang cukup luas. Namun sayangnya, kadang kala kita lupa untuk men-setting WIFI agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti:

  1. Ada orang lain yang menggunakan WIFI tanpa sepengetahuan kita. Hal ini menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Untuk jenis langganan internet yang bukan unlimited, dapat menyebabkan kuota cepat habis.

  2. Ada orang yang memantau arus perputaran data di WIFI kita. Mereka dapat mengetahui situs apa yang sedang dibuka, login + password email Facebook, data Internet Banking, jadwal harian Anda, dll. Hal ini tentu sangat berbahaya. 

 

Ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar hal di atas tidak terjadi. Ikuti solusi jeli berikut untuk memberikan keamanan lebih terhadap WIFI Anda di rumah:

  1. Ganti password WIFI Anda secara berkala, minimal 1 bulan sekali. Pilih tingkat keamanan minimal WPA2 Personal, dan gunakan password yang sulit ditebak. Jangan gunakan tanggal lahir, tanggal pernikahan, tanggal jadian, konek, 0123456789, asdfghjkl, abcde, dll. Syarat umum password yang baik adalah minimal 7 karakter, ada huruf besar, ada huruf kecil, ada angka dan ada simbol (tanda baca). Contoh: S0Lus!J3Li

  2. Ganti login dan password default router Anda. Username "admin", dengan password "admin" adalah kombinasi pertama yang akan dicoba oleh seseorang yang berusaha masuk ke router Anda. Ganti dengan username dan password yang Anda buat sendiri. Jangan gunakan default password, walaupun terlihat sulit ditebak.

  3. Ganti alamat IP router Anda. Jika default IP 192.168.1.0 segera ganti menjadi misalnya 192.168.1.1 (bebas, selama sesuai standar IP).

  4. Aktifkan fitur MAC FILTERING jika rumah Anda tidak terlalu sering didatangi oleh orang baru yang ingin terhubung ke WIFI. Daftarkan seluruh Mac Address gadget yang biasa terkoneksi dengan WIFI Anda. Atur agar hanya Mac Address yang sudah terdaftar yang dapat tersambung dengan WIFI. Saat Anda membeli gadget baru, jangan lupa untuk daftarkan Mac Address-nya.

  5. Sembunyikan sinyal WIFI Anda. Kita dapat men-setting agar SSID (nama sinyal WIFI kita) tidak terlihat. Saat ada orang yang mencari sinyal, WIFI kita tidak akan terlihat dalam daftar WIFI yang tersedia. Saat ingin terhubung dengan WIFI, kita harus memasukkan secara manual SSID dan passwordnya. 

  6. Cek secara berkala siapa saja yang terhubung dengan WIFI Anda. Aplikasi yang dapat digunakan bermacam-macam. Saya pribadi menggunakan aplikasi Who's On My Wifi. Lakukan pengecekan diwaktu yang berbeda-beda. Pencuri Wifi biasanya konek diatas jam 12 malam agar tidak diketahui oleh pemilik WIFI.

 

Itulah beberapa solusi jeli yang dapat diterapkan untuk WIFI Anda di rumah. Dengan menerapkan hal di atas, WIFI Anda menjadi jauh lebih aman dari orang iseng atau oportunis lain. 

 

Jika Anda kesulitan untuk men-setting WIFI di rumah, Anda dapat menghubungi SolusiJeli. Anda hanya perlu mengirimkan WhatsApp / SMS / email. SolusiJeli akan datang ke rumah Anda dan men-setting WIFI sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. 

Please reload

© 2020 by SolusiJeli | 0816 840 150